KODE IKLAN HORIZONTAL
KODE IKLAN KOTAK

Mata Uang Kripto Seperti Bitcoin Cash Bersinar Selama Protes Hong Kong

KODE IKLAN INARTIKEL

Mata Uang Kripto Seperti Bitcoin Cash Bersinar Selama Protes Hong Kong

Dilansir dari News BTC, sudah lebih dari 12 minggu protes di Hong Kong yang dimulai dengan undang-undang ekstradisi tahun 2019 yang disebut Ordonansi Pelanggar Hukum dan Bantuan Hukum Reksa dalam Pidana Masalah Ordonansi. RUU itu mengklaim sebagai tindakan yang dirancang untuk mencegah pengungsi yang bersembunyi karena akan memungkinkan penegak hukum Tiongkok mengekstradisi siapa pun dari Hong Kong ke daratan Tiongkok jika mereka dituduh melakukan kejahatan.

Banyak warga Hong Kong khawatir RUU ekstradisi dapat mendorong pemerintah Cina untuk secara sewenang-wenang memenjarakan siapa pun dari negara itu. 130.000 demonstran berbaris menentang RUU itu pada 28 April lalu. Setelah Kepala Eksekutif Hong Kong, Carrie Lam, menunjukkan bahwa ia siap untuk membawa RUU ekstradisi 2019 ke badan legislatif, lebih dari 1 juta orang melakukan protes di jalan-jalan pada 9 Juni. Pada hari peringatan penyerahan Inggris atas Hong Kong pada 1 Juli, sejumlah besar pemrotes menuntut Dewan Legislatif. Pada bulan Agustus, aktivis menyerbu pusat perjalanan internasional Hong Kong dan bandara harus menunda penerbangan selama berhari-hari.

Meskipun RUU itu ditunda oleh Lam karena intensitas protes, para aktivis memprotes permintaan lebih. Para pemimpin protes telah mengutip tuntutan khusus dan yang pertama sepenuhnya menghapus RUU ekstradisi selamanya. Para pemrotes juga ingin pemerintah menghapus klasifikasi yang diubah untuk protes damai, yang sekarang secara kebetulan didefinisikan sebagai “kerusuhan.” Para aktivis juga menuntut penyelidikan independen ke kepolisian Hong Kong dan pemerintah harus menghapus tuduhan yang diajukan terhadap demonstran yang telah berpartisipasi dalam demonstrasi sebelumnya. Terakhir, mereka yang memprotes dan mendukung gerakan menginginkan sepotong kemerdekaan dari Cina.

Para pengunjuk rasa menuntut bentuk hak pilih universal yang lebih baik yang tidak berasal dari Cina dan memungkinkan warga untuk memilih para pemimpin secara demokratis. Juga, penganjur kemerdekaan Hong Kong, Chen Haotian, mencoba menghasut bank menjalankan bank-bank Cina yang beroperasi di negara itu pekan lalu. Haotian percaya bahwa bank massal yang dijalankan di Hong Kong akan merusak sistem keuangan Cina yang tertambat pada ekonomi negara itu.

Di tengah-tengah protes Hong Kong, individu dan kelompok tertentu mendorong untuk adopsi mata uang kripto di daerah tersebut. Satu organisasi bernama Genesis Block telah mendistribusikan botol air dan payung kepada demonstran yang berdemonstrasi di jalan-jalan Hong Kong. Genesis Block terkenal dengan area usahanya pada mata uang kripto di distrik Wan Chai dan juga salah satu entitas yang menambang beberapa blok bitcoin cash (BCH) pertama di Agustus 2017. Area usaha mata uang kripto itu mempromosikan berbagai aset digital, dengan sistem uang tunai peer-to-peer BCH yang dipromosikan lebih banyak.

Untuk mendukung fasilitas kripto di wilayah tersebut, Genesis Block telah memasang 14 mesin kasir otomatis (ATM) mata uang kripto di seluruh negeri Cina. Selama protes besar selama beberapa minggu terakhir, Genesis Block membagikan botol air kepada pengunjuk rasa yang memiliki logo BCH dan botol itu berbunyi “免费派水 (air gratis).” Pada label botol air di sebelah logo BCH, ada kode QR yang mengarah ke situs web Bch-hkg.com. Portal web mengenai penjelasan Bitcoin Cash dan mengajarkan orang-orang dari Hong Kong cara mengunduh dompet dan menggunakan BCH untuk menyebarkan kebebasan.

Selain itu, ada kelompok yang menggunakan mata uang kripto seperti uang tunai bitcoin untuk mendanai upaya amal seperti dikenal sebagai “Malaikat Pelindung Snowden.” Pada tahun 2013, orang-orang dan keluarga ini membantu melindungi Edward Snowden dari pelapor ketika banyak pemerintah ingin menangkapnya. Malaikat Pelindung Snowden adalah keluarga yang tinggal di Hong Kong dan mereka menerima sumbangan uang bitcoin untuk upaya mereka. Grup lain yang menerima sumbangan uang bitcoin adalah organisasi nirlaba Hong Kong Free Press (HKFP). Kelompok ini dijalankan oleh jurnalis independen yang berjanji akan kebal terhadap tekanan komersial dan politik. Jurnalisme independen ini dihargai selama masa protes karena wartawan dapat memberi tahu publik bagaimana hal-hal dilihat dengan pandangan yang tidak bias.

KODE IKLAN RESPONSIF

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *